Rabu, 19 Januari 2011

TEKNOLOGI TERBARU 2

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dari Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika menciptakan game yang mengusung semangat kepahlawanan bernama ‘Pahlawa’. Pembuatannya memakan waktu dua bulan. Pahlawa merupakan kependekan nama Palagan Ambarawa.

Koordinator tim pengembangan game Pahlawa, Satria Wibawa, mengatakan dasar pembuatan game tersebut adalah Pertempuran Ambarawa 13-15 Desember 1945. Saat itu para pejuang Tanah Air bertempur sengit dengan senjata seadaanya untuk mengusir penjajah.

Walau tak setenar kisah perjuangan Bung Tomo dalam peristiwa 10 Nopember, katanya, 15 Desember tetap merupakan hari yang perlu dikenang masyarakat, terutama peristiwa heroik Pertempuran Ambarawa. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” terang Satria, Senin (20/12).

Mengenai teknis permainan, kata Satria, pemain akan memerankan salah satu pejuang dalam Palagan Ambarawa untuk menyelesaikan misi peperangan yang mengandung unsur edukatif. Misi yang yang harus diselesaikan sesuai dengan kronologi sejarah Palagan Ambarawa, yakni Pertempuran Magelang, Insiden Desa Jambu, Serangan Benteng Ambarawa, dan Pertempuran Ambarawa.

Di dalam game ini, suasana pertempuran berada di desa dan dalam benteng buatan Belanda. Narasi teks dan video yang berhubungan dengan kronologis sejarah juga disisipkan untuk menambah nilai historis serta menggugah patriotisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar