Rabu, 19 Januari 2011

manfaat blog

MANFAAT BLOG
Blog adalah suatu media dalam penyampaian berita atau informasi.Blog dapat berupa catatan sehari-hari pembuat blog atau ilmu pengetahuan.Blog sangat membantu kemajuan pemberitaan saat inikarena bisa di akses online dan mempermudah pembaca menyimak informasi.Kehadiran media blog dalam penyampaian berita tidak dapat di pungkiri mampu meningkatkan pamor pemberitaan jurnalisme.Biasanya dalam blog dihiasi dengan tampilan yang menarik agar dapat memikat pembaca untuk membacanya.Konten dalam blog itu sendiri pun bermacam-macam,ada blog yang berisi pengetahuan-pengetahuan untuk kalangan pelajar.Ada pula tips-tips dan info seputar kuliner untuk ibu rumah tangga.Dan berita-berita aktual juga terangkum dalam blog yang biasanya untuk konsumsi pegawai kantoran.
Sekarang tidak hanya orang-orang tanggap teknologi saja yang dapat membuat blog,tetapi juga pelajar-pelajar SMP pun sekarang sudah mampu dalam mebuat blog dikarenakan sangat mudah dalam posting dan desain blognya.Blog yang mereka buat pun bisa jadi media konsumsi publik atau jadi konsumsi mereka sendiri.Seperti diary atau sejenisnya.Dalam hal ini bahkan mereka pun juga bisa dikatakan jurnalis yang tidak resmi.
Seiring bertambahnya minat baca masyarakat,harus di imbangi dengan berita atau informasi yang bermanfaat dan bermutu.Kaitannya dengan blog yaitu blog sebagai sarana berita yang modern sebisa mungkin dapat memberikan wawasan dan pemberitaan yang berkualitas.Berkualitas maksudnya adalah berita dan info tersebut update.Dikarenakan akan ada hal-hal yang baru tiap harinya yang harus di sampaikan.Berita atau info harus memiliki sumber yang jelas.Baik dari buku para ahli,ataupun dari website tertentu. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan menggunakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut.
Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di mampui masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, si siswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid.Saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya.Karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya. Setidaknya Ini demi penghematan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan sosialisasi atau penataran-penataran yang kadang tidak ada ujung-nya.
Blog yang di dalamnya berisi konten-konten yang mengandung SARA(Suku,Agama,Ras,dan Antar anggota) malah akan memberi citra buruk di masyarakat.Isi blog juga harus dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.Jangan sampai menyinggung atau menyakiti orang lain.Pembuatan blog yang mudah diharapkan dapat menaikkan pamor suatu berita.Blog dapat dikatakan telah menyamai suatu website dalam hal kualitas publikasi.
Di masa datang blog-blog seperti ini mungkin akan menggantikan pemberitaan media cetak.Pembaca mungkin akan beralih pada sarana pemberitaan yang murah,modern,lebih update, dan lebih berkualitas.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar